PENANAMAN POHON TANAMAN
AKSI KEGIATAN TERKAIT PENANAMAN POHON TANAMAN

By Rinda Puspitasari 25 Agu 2023, 09:13:14 WIB Kesehatan
PENANAMAN POHON TANAMAN

Gambar : Penanaman pohon taman


Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia (World Tree Day) pada tanggal 21 November setiap tahunnya, UPT SMP Negeri 18 Gresik  mengadakan kegiatan menanam tumbuhan di lingkungan sekolah Seperti yang kita ketahui, pohon memiliki peran penting dalam berbagai aspek keberlangsungan hidup, menjadikan masyarakat harus terus menjaga dan melestarikan pohon.

“Kegiatan menanam pohon ini bertujuan untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran kita terutama siswa/, UPT SMP Negeri 18 Gresik  betapa pentingnya pohon bagi kehidupan. Mengingat keadaan tanaman yang layu atau mati setelah kurang lebih satu tahun pembelajaran dilaksanakan secara daring, dengan kegiatan ini bisa membuat sekolah menjadi nyaman dan asri seperti dahulu.

Tamanisasi sekolah mempunyai beberapa manfaat, bagi sekolah, yaitu untuk memperindah lingkungan sekolah dan memberi rasa sejuk, karena dikelilingi oleh tanaman yang indah.

Kegiatan penanaman pohon merupakan upaya yang bermakna untuk membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencapai beberapa hal yang sangat penting. Tujuan utamanya adalah memperindah area penanaman yang sebelumnya tidak memiliki pepohonan atau tanaman. Dengan menanam pohon kita dapat mengubah area tersebut menjadi lingkungan yang lebih hijau dan alami. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat kebersamaan antara anggota kelompok. Dengan berkolaborasi dalam penanaman pohon, mahasiswa akan belajar bekerja bersama sebagai tim dan saling mendukung satu sama lain. Kebersamaan yang terjalin dalam kegiatan ini akan memperkuat ikatan sosial mereka. Tujuan lain dari kegiatan penanaman pohon adalah untuk menumbuhkan dan mempertahankan rasa cinta terhadap lingkungan. Dalam prosesnya, siswa akan  merasakan secara langsung betapa pentingnya menjaga kelestarian alam dan kebutuhan akan upaya perlindungan lingkungan. Dengan demikian, mereka akan lebih sadar mengenai dampak tindakan mereka terhadap lingkungan dan akan bertanggung jawab untuk melestarikannya. Kegiatan ini juga memiliki efek positif yang signifikan dalam hal manfaatnya. Pertama, partisipasi dalam kegiatan ini akan membuat mahasiswa lebih menyadari pentingnya bekerjasama untuk melestarikan lingkungan. Mereka akan belajar bahwa tindakan kecil seperti menanam pohon dapat sangat membantu keberlanjutan alam. Selain itu, kegiatan ini memungkinkan mahasiswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam menjaga lingkungan mereka. Dengan kegiatan penanaman pohon ini mengubah lingkungan menjadi lebih sehat dan indah. Dalam keseluruhan, kegiatan penanaman pohon ini akan membangun karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap keberlanjutan alam.

Demi menjaga kelestarian lingkungan manusia mulai menyadari perlunya kegiatan penanaman pohon sebagai penghijauan lingkungan dan juga untuk mencegah terjadinya masalah pada lingkungan di masa depan. Maka dari itu, dibutuhkan upaya nyata yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari lingkungan itu sendiri. Salah satunya yaitu dengan menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi  Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Manusia hidup bernapas memerlukan udara yang dihasilkan dari pohon di lingkungan sekitar. Manusia makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan . Manusia memiliki peran yang sangat penting dalam upaya melestarikan lingkungan hidup. Sumber daya alam dan lingkungan hidup menjadi tanggung jawab bersama akan terpeliharanya kelestarian apabila seluruh anggota masyarakat memahami. Tingkat peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar telah diwujudkan dalam kegiatan penghijauan. Penghijauan atau reboisasi dilaksanakan sebagai upaya untuk menciptakan suatu area yang asri dengan manfaat yang menguntungkan bagi keberlangsungan hidup manusia sendiri.

Diharapkan bahwa kegiatan penanaman pohon yang dilakukan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan mengurangi tingkat pemanasan global yang ada sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi seluruh makhluk bumi baik manusia, hewan ataupun tumbuhan. Pendidikan karakter melalui kegiatan penanaman pohon adalah cara yang efektif dan mudah untuk membangun sikap peduli terhadap lingkungan. Dengan partisipasi aktif dalam kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan karakter tanggung jawab, kebersamaan, dan cinta terhadap alam. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki manfaat besar bagi lingkungan, seperti mengurangi emisi karbon dan meningkatkan kualitas udara. Melalui konservasi dengan menanam pohon, kita dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, mari bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan membangun karakter peduli melalui kegiatan penanaman pohon.

  • 7 Manfaat Menanam Pohon di Lingkungan Sekolah Paling Berguna

Sekolah merupakan tempat terjadinya proses belajar mengajar, sehingga lingkungan yang baik sangat diperlukan agar prosesnya berjalan dengan lancar dan kondusif. Tidak hanya lingkungan yang sosial namun juga lingkungan hidup di sekitar sekolah.

Lingkungan sekolah yang asri tidak hanya sekedar membuat suasana sekolah menjadi sejuk karena banyaknya tanaman atau pohon di sekitarnya. Namun lingkungan yang asri juga menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan manfaat lingkungan sekolah untuk pembelajaran juga dapat memberikan manfaat lain yang tidak kalah penting. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat menanam pohon di lingkungan sekolah. Diantaranya :

1. Mempercantik lingkungan sekolah

Banyaknya jenis pohon atau tanaman yang ada di lingkungan sekolah, bisa membuat sekolah menjadi enak dipandang mata. Misalnya dengan menanam jenis tanaman bunga atau tanaman hias yang ditanam di pot atau ditanam di taman sekolah.

2. Meneduhkan lingkungan sekolah

Adanya pepohonan yang tumbuh di lingkungan sekolah tentunya akan membuat lingkungan menjadi lebih rindang dan memberikan manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia. Apalagi jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon peneduh, yang mana dapat membuat lingkungan sekolah menjadi lebih teduh dan tampak lebih asri.

3. Menjadi objek atau media belajar

Pohon yang ditanam di sekolah juga dapat dijadikan media belajar maupun objek penelitian siswa. Misalnya untuk praktek pelajaran yang mempelajari struktur tumbuhan, mempelajari tentang manfaat tanaman apotik hidup untuk kesehatan dan lingkungan, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan konsentrasi belajar

Manfaat menanam pohon di lingkungan sekolah juga dapat membantu agar proses belajar mengajar lebih kondusif, juga dapat meningkatkan konsentrasi siswa. Pohon seperti pohon peneduh bisa mengurangi polusi dan turut meredam kebisingan yang mengganggu, yang mana bisa menyebabkan konsentrasi buyar dan membuat tubuh lelah.

5. Memberikan suplai oksigen

Banyaknya pohon yang ditanam di lingkungan sekolah tentunya bisa memproduksi oksigen, yang akan membuat kualitas udara di lingkungan sekolah lebih baik dan lebih sejuk. Di samping hawa sejuknya bisa membuat semangat untuk beraktivitas, manfaat oksigen bagi manusia juga dapat membuat belajar menjadi lebih fokus.

6. Menyegarkan tubuh dan pikiran

Lingkungan yang asri dan hijau dipercaya dapat meredakan stress yang dialami seseorang. Kegiatan sekolah yang padat tentunya bisa membuat badah kuyu karena kelelahan dan bisa membuat stress. Sehingga dengan banyaknya pepohonan di sekolah, bisa mengurangi stress dan membuat tubuh dan pikiran lebih segar.

7. Memberikan suasana nyaman di sekolah

Penanaman pohon di lingkungan sekolah menjadi salah satu program penghijauan yang sangat direkomendasikan, karena bisa menciptakan kesan lingkungan sekolah yang lestari dan nyaman digunakan untuk beraktivitas. Hal ini tentunya akan bermanfaat langsung baik bagi guru, karyawan ataupun siswa yang menghabiskan waktu sehari-harinya di sekolah.

Jadi intinya, manfaat menanam pohon dan manfaat taman bunga untuk lingkungan sekolah tidak hanya bisa membuat lebih asri dan sejuk. Namun secara tidak langsung juga dapat membuat proses belajar mengajar lebih efektif dan manfaat lainnya. Agar lingkungan sekolah semakin bersih dan semakin bermanfaat untuk masyarakat sekolah, sebaiknya juga diimbangi dengan hal hal seperti pengelolaan sampah yang baik, kebersihan lingkungan dan kelas, dan lain sebagainya. Demikian pembahasan mengenai berbagai manfaat menanam pohon di lingkungan sekolah.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment